REGULASI AUTODAYS MODIFICATION CONTEST

YOGYAKARTA, 28-29 MEI 2016

 

KETENTUAN UMUM

  1. Terbuka untuk umum, perseorangan ataupun klub.
  2. Penilaian lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni showbike.
  3. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas Retro Kustom bisa memakai rangka baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek lain atau dicustom ulang.
  4. Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.
  5. Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
  6. Peserta “dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin” motor selama lomba. Kecuali untuk test jalan/scrutineering dan pemotretan.
  7. Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
  8. Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.
  9. Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.
  10. Peserta wajib ikut technical meeting yang ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
  11. Baik yang hadir dan/atau tidak selama technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri.
  12. Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
  13. Dewan juri tidak ada hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama kontes berlangsung.

 

KETENTUAN KHUSUS

  1. Regulasi ini adalah regulasi standar milik Ototrend. Dilarang keras mengutip, menyalin, mengcopy ataupun ‘memodifikasi’ tanpa izin tabloid Ototrend. Pihak-pihak yang ingin menggunakannya diwajibkan menghubungi redaksi Ototrend dan harus menjalin bekerja sama dengan Ototrend. Memakai tanpa izin, adalah pencurian intelektual.
  2. Semua motor “wajib” didokumentasikan/diphoto oleh fotografer tabloid Ototrend – Jawa Pos / Indopos Group. Jika menolak, panitia berhak mendiskualifikasi. Untuk kepentingan publikasi, pemotretan dan liputan, seluruh motor peserta kontes sepenuhnya menjadi hak milik Ototrend Media Group.
  3. Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang / kalah.
  4. Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.

 

PELAKSANAAN & PENDAFTARAN

  1. Kontes/show digelar hari Sabtu & Minggu, 28-29 Mei 2016.
  2. Tempat pendaftaran kontes/show di …… & lokasi kontes/show di halaman Dekanat Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), DIY.
  3. Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / fax / transfer bank dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti. Namun jika terlambat saat loading in, tetap dikenakan pengurangan point.
  4. Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba.
  5. Jumlah peserta terbatas untuk 150 motor. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.
  6. Segala bentuk booking peserta hanya berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya pendaftaran, baik itu dengan pendaftaran langsung di sekretariat Hima Otomotif Gedung PKM FT UNY Lantai 2 Sayap Barat ataupun via transfer rekening bank.

 

BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN

  1. Biaya pendaftaran semua kelas Rp. 150,000 per kelas / motor.
  2. Peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, sesuai regulasi masing-masing kelas.
  3. Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB.
  4. Untuk motor baru dari dealer yang belum mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/ kepolisian, wajib melampirkan copy surat keterangan jalan yang berisi spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor rangka.

 

TECHNICAL MEETING

  1. 29 Mei 2016, pukul 10.00 wib, di gedung Dekanat FT UNY.
  2. Peserta wajib mengikuti technical meeting. Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua ketentuan lomba.
  3. Pasca technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas / tambah kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.

 

LOADING IN

  1. Loading in dimulai hari Sabtu, 28 Mei 2016 mulai pukul …… hingga Minggu, 29 Mei 2016 pukul 09.00 waktu setempat. Tidak ada dispensasi untuk peserta luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk bersih-bersih motor, jadi diharap peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik mungkin.
  2. Peserta yang datang lebih dari waktu yang ditentukan (terlambat) mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi, dikenakan pengurangan 50% dari total poin.
  3. Check in (memasukan motor ke arena kontes/show) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.
  4. Mulai Minggu 29 Mei 2016 pukul 10.00 waktu setempat motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.
  5. Panitia tidak memberikan dispensasi waktu terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.
  6. Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya.
  7. Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.

 

SCRUTINEERING

  1. Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai (layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin harus sesuai STNK/BPKB.
  2. Semua komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna.
  3. Sirkuit test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone (kondisional).

 

HAK & KEWAJIBAN PESERTA

  1. Mendapatkan fasilitas stiker scrut, stiker Ototrend/sponsor, T-shirt, marchandize sponsor dll
  2. Boleh membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.
  3. Diperbolehkan mempersiapkan/mengelap motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.
  4. Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak sama harus menaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.
  5. Peserta diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display secara terbatas.
  6. Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.
  7. Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.

 

DEWAN JURI & PENJURIAN

  1. Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni juri senior Ototrend.
  2. Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.
  3. Penjurian dilakukan secara terpadu, komprehensip dengan jadual dan waktu yang telah ditentukan selama kontes berlangsung.
  4. Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.
  5. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.

 

HASIL LOMBA

  1. Otokontes terdiri dari 7 kelas, dengan rincian per kelas terlampir di bawah.
  2. Tiap kelas diambil 5 juara (juara 1, 2, 3, 4, 5).
  3. Semua juara akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan.
  4. Uang pembinaan hanya untuk juara 1, 2, dan 3 saja.
  5. Pengumuman juara hari Minggu, 29 Mei 2016 pukul 16.00 waktu setempat.

 

CLASS CATEGORY*

  1. FASHION DAILY OPEN
  2. STREET RACING SPORT/BEBEK
  3. STREET RACING MATIC
  4. AIRBRUSH OPEN
  5. CUSTOM MODIFY
  6. EXTREME
  7. RETRO CLASSIC MODIFY LOKAL DIY

 

RINCIAN REGULASI PER KELAS & PER THE BEST

 

FASHION DAILY OPEN

  1. Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator “rookies category”, khusus tipe matic, bebek, & sport yang dimodif minimalis style harian (Digabung antara matic, bebek & sport).
  2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
  3. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
  4. Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
  5. Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix & match ataupun bold on.
  6. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
  7. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
  8. Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
  9. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
  10. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
  11. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
  12. Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
  13. Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan – belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
  14. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
  15. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional atau harus rantai / cvt belt dilarang (kecuali matic).
  16. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.

 

STREET RACING SPORT/BEBEK

  1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, bisa bebek / sport model racing minimalis.
  2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
  3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
  4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
  5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
  6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
  7. Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan. krom rangka diperbolehkan.
  8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
  9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
  10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
  11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
  12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
  13. Layak jalan dan fungsional.

 

STREET RACING MATIC

  1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, khusus matic model racing minimalis.
  2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.
  3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.
  4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
  5. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.
  6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
  7. Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan.
  8. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.
  9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
  10. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
  11. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
  12. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.
  13. Layak jalan dan fungsional.

 

AIRBRUSH OPEN

  1. Kelas modif untuk semua jenis motor merek apapun, baik bebek/sport/matic yang diairbrush/cat dengan desain dan aliran bebas, baik grafis, realis, animasi atapun aliran yang lain.
  2. Motif bebas, bisa nyata, natural, alami seperti mahkluk hidup ataupun motif striping berstyle bebas (glitter/fostor/tribal/gothic/grafis/technomatrix/streamline graffity dll).
  3. Teknis pengecatan/airbrush bebas. (mal, stripping, free hand dll)
  4. Pemakaian efek brush diperbolehkan (glitter/fostor dll).
  5. Item penilaian terdiri dari semua bagian yang dibrush, dari segi desain, motif yang dipilih, detail, kehalusan gambar, pewarnaan, komposisi dan finishing. Item lain yang dinilai adalah keserasian gambar, alur cerita dalam airbrush (narasi) dan motif-motif yang dipakai serta detail/kehalusan terdiri atas garis-garis, lekukan maupun sambungan antar bagian.
  6. Mengutamakan aplikasi penbrush, spray gun, dan teknik realis, “bukan” dengan alat tambahan khusus seperti brush/kuas, rapido, spidol, ballpoint, boxy, waterslide decal, dll.
  7. Tingkat kesulitan dalam menciptakan motif-motif, detail gambar jadi point tersendiri.
  8. Pemakaian efek-efek brush, inovasi dan media brush (kaca/bulu/kasa/kain/benang/kapas dll) atau media lain sangat dianjurkan.

 

CUSTOM MODIFY

  1. Kelas modif untuk motor tipe bebek/cub, sport, & matic.
  2. Rangka, mesin tetap standar/orisinil dan tidak diubah secara frontal. Sub frame/rangka tambahan boleh di-rekonstruksi.
  3. Diutamakan bagi motor modif dengan “stereotif bentuk sebuah motor bebek, sport, & matic.” Modifikasi model ayago diperbolehkan. Modifikasi model Retro Kustom seperti Vintage style, Oldskool, Chopper, Bobber, Jap Style, disarankan tidak ikut kelas ini.
  4. Mesin, komponen pendukung dan komponen lain bisa dimodifikasi atau diganti variasi.
  5. Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.
  6. Bodi boleh dirombak, namun untuk harus tetap berbentuk akhir sesuai jenis (misal : tipe bebek harus masih kelihatan bodi/kesan bebeknya) atau dilarang transsexual (bebek menjadi sport, maupun sport menjadi bebek)
  7. Bodi fiber atau plat diperbolehkan, kecuali custom 3D.
  8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal, maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc.
  9. Dobel cakram tiap pelek diperbolehkan.
  10. Multikaliper dan multikarbu tidak diperbolehkan.
  11. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional.
  12. Monoarm pabrik, suspensi, dan kaki limbah moge diperbolehkan.
  13. Swingarm, fork hand made diperbolehkan asal berkonstruksi konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik).
  14. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer sytem baru “tidak” diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.
  15. Aplikasi pelek handmade diperbolehkan selama konstruksinya konvensional dan harus menggunakan ban sepeda motor (non mobil)
  16. Khusus untuk model ceper “tidak dinilai ground clearance-nya.”
  17. Pemakaian konstruksi sistem pengereman non konvensional dilarang. Contohnya: BIB, dll.
  18. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.
  19. Penggunakan IBE tidak diperbolehkan.
  20. Multi tacho dan multi gauge diperbolehkan.

 

EXTREME/FFA

  1. “Harus menggunakan mesin sepeda motor”. Layak jalan dan fungsional.
  2. Terbuka bagi semua motor jenis apapun yang sudah mengalami perubahan/modifikasi frontal yang berbeda dari bentuk asli/umum tetapi “harus berbentuk motor roda dua.
  3. Kelas “modifikasi bebas/terbuka” bagi semua motor jenis apapun yang sudah mengalami perubahan/modifikasi frontal yang berbeda dari bentuk asli/umum.
  4. Mesin/rangka/chasis/body/penggerak bebas dimodifikasi/ubah/dipotong/diganti.
  5. Pemakaian ban/pelek mobil diperbolehkan, dianjurkan sesuai dengan spesifikasi kaki-kaki motor.
  6. Kelas khusus untuk seluruh motor yang menampilkan ide kreasi, konsep dan inovasi terbaru dari kaum builder/modilover/kustom maker, terutama dari segi konsep/desain/teknologi dan inovasi/penemuan terbaru. Inovasi yang ditampilkan harus bersistem jelas, tidak asal pasang, dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Dan “tidak boleh mengikuti kelas lain dibawahnya”.
  7. Model/gaya/aliran yang dianut bebas. (chopper, prostreet, vintage, retro, goose neck, scandinavian, bobber, naked bike, futuristik, dragster dll).
  8. Penilaian mengutamakan : performa komposisi, ide kreasi baru, trend anyar, finsihing cat/airbrush, detail, kelistrikan, tingkat kesulitan dan tipstrick menaklukan sebuah masalah modifikasi motor, trouble shooting dan keserasian universal.

 

RETRO CLASSIC MODIFY LOKAL DIY

  1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis motor (bebek, sport, matic, vespa) yang sudah mengalami perombakan dari standarnya atau dirombak total/custom dengan konsep kustom klasik/retro style. Kelas khusus untuk motor lokal Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), dengan diacuan nomor STNK lokal DIY (AB). Motor dengan nomor STNK selain AB dilarang ikut kelas ini.
  2. Konsep dan desain harus jelas, boleh ganti kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body custom berbahan fiber glass/plat.
  3. Gaya yang dianut aliran Kustom klasik bebas, boleh jap’s style, old school, street tracker, board tracker, brat style, choppy cub, vintage retro, bobber, cafe racer dll.
  4. 4. Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan komposisi/keserasian model klasik/retro kustomnya
  5. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.
  6. Rangka/chasis boleh mengaplikasi rangka orsi kustom, rangha motor lain atau bikinan sendiri (custom/handmade)
  7. Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, single sided arm & fork serta penggerak system baru tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks. standar motor bisa dipakai.
  8. Boleh mengaplikasi pelek handmade selama konstruksinya konvensional, diperbolehkan menggunakan ban eks. mobil selama mendukung konsep retronya, diperkenankan menggunakan unit cakram konvensional maksimal 2 lingkar sisi depan dan 2 lingkar sisi belakang dengan satu kaliper di setiap piringan cakramnya (Buell dan BIB diperbolehkan). Khusus penggerak drive belt dan timing belt diperbolehkan.
  9. 9. Khusus drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.
  10. 10. Limbah moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.
  11. 11. Boleh menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.
  12. 12. Mengutamakan modifikasi dari kaum retro/kustom lover yang unik dan estetik, terutama dari segi konsep/desain dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan performa universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah masalah modifikasi
  13. Layak jalan dan fungsional.
Advertisements